Rabu, 17 Juli 2013

Bokap Over Protektif



             
   Gue sama mama kadang bingung sama Abah gue, sensitif banget !! gue sama mama sering kali harus nahan emosi menghadapi kesensitifikan abah. Abah gue itu tipe cowok sayang keluarga namun terlalu over dalam menyayangi dan selalu membesarbesarkan masalah. Kesensitifan Abah mengalahkan sensitif nya gue yg lagi PMS. ckc

Emang sensitif yg kayak gimana sih ? Ahh bukan, bukan sensitif yg kalau nonton film sedih bakal ikutan sedih bukan, itu sih sensitif versi wanita. Tapi sensitif abah itu versi panik akan sesuatu hal yg tak terjadi menjadi terjadi. Maksudnya apaan ? maksudnya abah gue itu selalu ketakutan terhadap hal yg kemungkinan terjadi tapi hanya ada dalam pikiran-Nya, ya sejenis panikan gitu lah.

Kayak misalnya adegan seharihari nih, gue santai bawa netbook ke ruang tamu, abah yg liat langsung marahmarah “itu nah hatihati nanti netbooknya jatuh ! nanti rusak ganti nya pakai apa !” hey what the ? -_- orang gue bawanya santai kok sambil meluk, bukan dijenteng. Kalau dijengteng baru boleh panik. Biasanya gue bales ngomel “apaan si ! netbooknya dipeluk kok bukan dibanting !” <--- tipe anak durhaka, jangan dicontoh.

Atau misalnya mama izin mau kewarung bertepatan dengan adanya berita di TV tentang kemungkinan ada pemadahan lampu ( pemadaman untuk besok, besoknya lagi, atau lusa, atau mungkin  taun depan ) pasti abah langsung teriak “jangan ma ! nanti kalau mati lampu gimana pulangnya ? bawa senter sana” dan mama gamau kalah dong. Pasti dibalas dengan omelan yg lebih panjang.

See ? abah gue panikan nya overdosis kan ?

Karna kesensitifan abah lah gue menjadi anak rumahan (?) seperti sekarang. Iya diumur gue yg hampir punya KTP ini ( baca : hampir 17tahun ) gue masih gaboleh malam mingguan !! emang ada yg mau ngajak ?  *okelupakan*. 



Tapi bentar deh, apa hubungannya sensitif abah sama malam minggu gue ? ada !!
Karna kalau gue keluar malam hari apalagi malam mingguan. Abah takut gue bakal :

  • ·         Jadi cewek liar.
  • ·         Jadi cewek nakal.
  • ·         Jadi cewek malam (?)
  • ·         Diculik.
  • ·         Digangguin orang jahat.
  • ·         Digangguin hatters gue.
  • ·         Dijaga fans gue didepan gang.
  • ·         Dipaksa kawin sama Gdragon.( Kalo ini gue mau, beneran mau ! )

Ketakutannya berasalan sih, intinya mengkhawatirkan keselamatan gue. Tapi ugh gue kesel kan disaat tementemen gue cerita tentang malam mingguannya entah bareng pacar atau temen, gue cuma bisa diam dan menjawab dengan sok “gue dong malam mingguan sama bantal.” Hiks kejombloan gue terungkap. Sehingga setiap malam minggu gue selalu berdoa. “Tuhan, hujankan lah malam ini !”




Itu disaat jalan malam hari. Kalau siang hari ? mungkin tementemen gue sepakat gue diberi gelar “penjalan” ( suka jalanjalan gitu loh ) karena hampir tiap hari ada acara keluar rumah terus. Tapi hey itu semua ada batasbatas nya loh, gaboleh sampai jam segini, gaboleh jauhjauh sampai kesini, gaboleh keluar duit segini, gaboleh ini gaboleh itu aaaaakkkk !! *loncatdariatapHBI*
                 
Bahkan sering gue batal jalan cuma karena alasan “mendung” dan “kesorean”. Sering nih kejadian,  gue udah dandan abisabisan dan duduk manis nunggu jemputan tibatiba abah nyeletuk. “harinya mendung, nanti hujan loh Rum.” Gue Cuma bales “hujan ya berteduh Bah. Masa nerobos hujan.” Tapi kemudian Abah dengan gelisah memandang keatas langit dengan sendu dan mata berkacakaca ( egak hehe gue boong ) dan itu bikin gue terpaksa bilang “yauda Arum gajadi jalan deh”. 

Kalau mama sih egak terlalu musingin gue jalan, asal kerjaan rumah diselesain dulu. Kayak nyuci ngepel nyapu. hiks. Tapi orang tua gue sepakat sebelum gue keluar rumah gue harus makan dulu. Harus. Karena kalo beli diluar takutnya mahal. hehe

Ohiya, Mama juga sering berantem sama Abah Cuma karna hal sepele, ya berantemnya kecil aja sih gasampe ada adegan piring terbang dan nangisnangis ala india. Berantemnya cuman ala ABG lagi ngambekngambekan gitu aja sih muehehe. Pernah mereka berantem Cuma karna masalah cemilan. Dulu gue masih kecil pas gue sakit abah beliin cemilan banyak banget buat ngangkat nafsu makan gue, tapi gue makannya dikit aja karna kalo gue sakit bawaannya mau tidur dan mama yg gue suruh ngabisin cemilan itu. Beberapa hari kemudian sisa cemilan yg belum dimakan malah dibuang sama Abah karena alasan .. takut basi. Iya TAKUT basi, padahal jelasjelas tanggal kada luarsa nya masih lama. Mama mencakmencak ngomel “mubazir tau gak !! ih sebel deh” *mukulmukuldadaabah*

Masalah berpakaian pun abah memonitor. Gue gaboleh make baju kayak begini, gaboleh rok segini, celana harus segini dan blablabla. Pernah sekali gue pulang bawa baju dikantong plastik, abah nanya itu didalam plastik ada apaan ? gue bilang aja baju, dan abah minta liat. Gue kasih. Dan .. “ini kenapa tangannya pendek banget hah ?! mau pamer lengan gitu ? aurat diumbarumbar, sana buang bajunya !” dengan kesal itu baju gue buang. Padahal itu baju kalo gue pake juga bakal dilapisin blazer. Ahh abah ..


Oh iya, Abah itu juga KEPO BANGET !! pasti deh kalo gue mau jalan ditanya. Mau kemana ? dengan siapa ? semalam berbuat ap- eh itu lagu Andika kangen band bukan ?.
Ya pokoknya nanya sedetaildetailnya. Dan sesudah pulang pun ditanya dengan hal yg hampir persis, tadi jadinya kemana aja, sama siapa aja ? pulang diantar siapa ? kok pada gak mampir temennya ? dan kalau gue habis beli barang, abah pasti nanya beli apa ? harganya berapa ? belinya sama siapa ? sekarang duit Arum sisa berapa ? ( kirain mau ngeganti nanya begituan, ternyata Cuma nanya -_- ).

Abah juga terlalu memaksakan kehendaknya ke gue. Gue mau begini Abah egak suka, Abah nyuruh begini guenya yg egak suka. Hmm sebel !! masalah yg masih diperdebatkan sampe sekarang : majang poster idola gue dikamar. Abah egak suka. Alasannya ? “Duh malu kan kalau ada keluarga main kerumah. Masa kamar Arum ditempelin boyband gitu, ditempelin foto artis yg auratnya terbuka, ditempelin fotofoto mantan ......” dan semua poster yg gue dapet dari kumpulan majalah itu terpaksa harus tersimpan rapi ditumpukan majalah. Ga dipajang. Gak diperlihatkan. Gak dipamerin. Gak disombongin. Sabar Kar sabar ..

Tapi dibalik kesensitifan dan kekepoan abah. Gue sadar aja sih sebenarnya kenapa Abah over protektif gitu ke gue dan Mama. Itu semua karena Abah sayang. Coba deh kalau Abah egak sayang, apa jadinya gue ? mungkin gue mau jalan tinggal jalan, mau mau bikini aja keluar rumah silahkan. Dan imbasnya ? mungkin gue diculik terus dijual ke luar negri buat jadi bintang film terus diperkosa dipinggir jalan. Hiiiiii !!! Orang tua yg sayang itu adalah orang tua yg care ke anak nya, ke keluarga nya. Betul ?



 Gue juga sadar. Dengan status anak cewek – tunggal lagi. Gue pasti disayang banget. Secara mama memproduksinya cuma 1 aja, cantik lagi ~ ya pastinya bakal dijaga banget. Takut lecet gitu. Dan gue juga satusatunya anak cewek ABG dikeluarga besar diBanjarmasin ini. Sepupu gue cowok semua, pun ada yg cewek tapi udah pada nikah atau masih kecil. Gue sendirian anak cewek ABG yg masih labil, tentu gue gaboleh salah ambil jalan kan ? gue diharuskan membanggakan keluarga gue, dan inilah yg terjadi, orang tua overprotektif dengan anak yg membangkang.

Dulu gue selalu ngeluh, kenapa sih orang tua gue segini nya ke gue ? kenapa terlalu memaksakan kehendak ? kenapa gue dikekang ? kenapa gue gak dibebasin walaupun sedikit ? kenapa Tuhan kenapa ? *larimenembushujan*. Sering juga gue update di sosial media gue tentang ke over protektifan orang tua gue, dan banyak pula yg ngasih tau begini begitu tapi gapernah gue respon. Sampai suatu saat mantan mention gue kirakira begini “emang km uda bisa nyari duit sendiri ? belumkan ? yauda jgn banyak tingkah.” Dan jegeeeer !! gue tersadar. Status gue cuman anak yg numpang dirumah orang tuanya, anak yg minta duit ke orang tuanya,

anak yg mengkorupsi semua makanan dirumah orang tuanya tanpa balas budi sedikit pun. Dan atas semua kebaikan itu gue masih bertingkah dengan semua keinginan gue ? ah gue emang durhaka.

Dan sekarang gue udah gak terlalu ngotot memaksakan kehendak gue atas kebebasan.  Gue lebih nurut. Lebih kalem. Ya kayak kalimat gahol jaman sekarang : KEEP CALM.

Abah Mama gue ~
 oke makasih udah mau baca coretan gue ^^ ingat !!



7 komentar:

  1. Dengerin apa kata orang tua, mumpung masih punya orang tua bahagiain dulu sebelum gak ada.

    BalasHapus
  2. aaaaa kaya baca masalah sendiri arum..
    kaka juga nih gak dibolehin keluar malam lagi pas semester 3. T-T nasib banget deh, untung sore masih bebas aja.
    kurang lebih sama kaya kamu, ayah kaka juga over protektif, tapi kaka sadar itu emang demi kebaikan kita. ^_^


    www.mylittlecreambutton.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciatciatciat ketemu teman senasib xD
      wajar si kita kan cewek kak, susah dijaga .
      tapi balik lg ke sikap. kalo ga digituin pasti jdi cwek ga bener ^^
      makasih udah mampir ka adeayu

      Hapus
  3. ayah eon sama kaya abah saeng, suka larang dan omel ini itu. jangan2 mereka berdua sodara (?)

    tapi maklumin aja saeng, namanya kita anak gadis jadi pergaulan harus bener. jangan salah pergaulan kalau mau masa depan gak berantakan.

    sayangin orang tua karena tanpa mereka, kita gak akan ada di dunia ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh bisa jadi ? anaknya kan kaka adek beda darah {}
      haha iya, mereka over karena mereka syg :)

      Hapus

  4. ------------------------------------------------------------------
    DAFTAR FILM FILM MOVIE SERU 2016
    FILM TERBARU 2016
    FILM KELUARAN 2016
    NONTON FILM YANG BARU KELUAR 2016
    ---------------------------------------------------------------------------

    BalasHapus