Senin, 16 September 2013

KARMA, believe ?





Sayang bisa kau dengar nyanyian-ku ?
Dengar senandung ku, apa kau percaya karma ?

            Jadi apa lo percaya karma ? kalau kagak percaya ..
Kayaknya harus mulai percaya. Karena gue percaya karma itu benerbener real. Percaya deh sama Sekar ...




ATTENTION : KARMA ya. Bukan KURMA. Kurma mah buah

            Gue pengalaman nih soal karmakarma an. Karna gue sendiri ngalamain dan ngerasain banget sama yang namanya karma. Tapi disini gue males nyeritain soal karma gue, nanti mewek hiks.

            Gue mau bagi cerita soal mantan. Ini mantan satu benerbener bikin geregetan jadinya geregetan iiwwwhhh. Si mantan ini kena karma dari gue. HAHAHA siapa suruh dulu nyianyiain cewek secantik dan sebaik Sekar *benerinsempak

            Inisialnya “A”. ( Bukan Akka ! ) Gue pacaran sama A ini hampir 2 bulan deh kalau egak salah. Aaaa gue cerita mulai mana ya ?

            Ya pokoknya kita kenalannya lucu. Waktu itu gue jalanjalan ke Siring mau ngumpul sama anakanak comunity gitu ( wih anak gahol gitu lah ). Gue jalan berdua sama Novi sipit. Novi ada keturunan Dayak gitu, matanya sipit terus kulitnya putih. Gue pribadi kalo panik nyariin Novi yg keluar bukan “Mana Novi Mana Novi ?” tapi malah “EH SIPIT GUE MANA SIPIT GUE ? AH SIPIT MANA ?”- Nyarinya di kandang buaya.

            Kita telat datang garagara nungguin Novi siapsiap dan nungguin pacar ( sekarang mantan ) –nya Novi minggat dulu. Iya pan acara cewek masa cowok ikutan ? keliatannya kan kayak bawa babu. Lagian kalo ada cowok kita gabisa ngeceng ~ wkwk sorry kalo ada yg ngerasa ^^v

            Dan karena telat kita berdua datang, kita Cuma bisa melongo garagara tempatnya sepi dari anak komunitas. Adanya bapakbapak sama emak pacaran, paman gulali sama BKP latihan nyemprot. Ahh asem gue kesel sama keterlambatan kita. Karna gue udah bete duluan gue duduk aja selonyor dilantai. Dan kemudian ada cewek item manis senyumsenyum terus kearah kita berdua sama cowok yg natap tajam ke gue. Gue langsung feeling yg cewek itu setres garagara senyumsenyum sendiri.

            Dan kemudian ...
mereka nyamperin kita.

            “Ehh Novi kan ya ?” Novi siapa ? ini Sipit. Sok kenal deh ~
            “Eh Putri ya ?” Lah kok ?
            “Iya ih apa kabar Novi ? Yampun tambah tomboy aja” RALAT, ternyata senyumnya  bukan karna oknum kesetresan. Tapi karna mereka temen

-Dan kemudian mereka ngobrol berdua. Gue dicuekin.
Jahat ya ?

            Dan karena Putri sama Novi asik ngobrol berdua. Gue jadi hadaphadapan sama temen Putri yg cowok itu.

            “Anak comunity bukan ?” Eh dia ngajak ngomong duluan ~
            “Kok tau ?”
            “Keliatan aja sih. Com nya Elmo bukan sih ?”
            “Iya si kak Elmo. Tau dimana orangnya ?”
            “Lah si Elmo ngumpul bukan disini lagi. Pindah kali ke Siring depan Mesjid Sabilal”
GUBRAK. KENAPA GUE KAGAK DIKASIH TAU ?

            Gue pun langsung kemon ngajak Novi pindah lokasi.

-----------------------~(0_0~) _ (~0_0)~-------------------------------------------

            Setelah kejadian malumaluin itu gue egak pernah lagi ketemu dia. Egak pernah mikir juga sih, orang ketemunya Cuma beberapa menit. Dan setelah beberapa bulan kemudian gue ketemu lagi sama dia. Didepan Siring Sabilal, iya kali ini gue egak salah lokasi HAHAHA.

            Waktu itu gue galau DIKIT garagara abis putusan sama ‘B’. Karena gue males galau egak jelas gitu gue pun jalan bareng berempat sama Dini, Puspit sama Novi. Ehh egak taunya ketemu lagi sama A disana. Putri sama A ngumpul sama komuniti band gitu jadi rame, sementara kita berempat cuman lagi asik liatin uler.

            Dan kemudian A nyamperin gue, minta nomer gue sambil nunjuk salah satu temen cowoknya “Itu dia naksir, mau kenalan tapi malu. Minta no lu deh nanti dia sms”. Entah kenapa gue kasih gitu aja no gue ...

Waktu pulang ada 2 nomer tidak dikenal yg masuk di HP gue. Gue baca dan gue senyum sendiri. 1 sms A dan 1 sms temennya. Entah kenapa sama A duluan yg gue bales., padahal sms A cuek banget semetara temennya ramah.

-----------------------~(0_0~) _ (~0_0)~-------------------------------------------


“Besok ada waktu ? ada yg mau gue omongin”
Gue kegirangan dapat sama A kayak begitu. Gue udah nebak mau ngomong apaan. Abis kalimatnya basi banget sih hehe.
Dan hari itu. 27 april 2012.
Dia ngomong “Mau jadi cewek gue ?”
Jam itu. Tepat 7.30
Gue ngomong “Iya”
Untaian janji keluar dari bibir.
Tisu berserakan dan mie ayam yang kita makan pun jadi saksi.
Hujan turun tak mendinginkan hati kami berdua
Dan genggaman tangannya menghangatkan suasana
-----------------------~(0_0~) _ (~0_0)~-------------------------------------------

            “Lo kemana aja gada kabar ?”
            “Peduli gak sih sama  gue ?”
            “Hey gue  ini penting gak sih ..”
            “Kamu ingat ini tanggal berapa ?”
            “Bisa over protektif gak sih ke gue ?
            “Gue bete ini dirumah. Lo kapan main kesini sih”
            “Ahh lo selalu aja mentingin Putri daripada gue !”
            “Kita jalan dong ah, bete tau pacaran disinisini doang”

            A egak seromantis pas dia nembak gue. Gue egak sebahagia janjinya. Dan A nyianyiain gue. Gue nyesel nerima dia.

            “Lo tau sendiri lah gue basket”
            “Iya peduli tapi mau gimana lagi. Gue sibuk”
            “Iya penting ....”
            “Iyaiya inget, kenapa emang ?”
            “Gue males over protektif gitu. Santai aja bisa kan”
            “Gue sibuk !”
            “Putri sahabat gue ! dan gue lebih mentingin sahabat daripada pacar”
            “Jalan kemana ? males ngabisin duit”


            A kasar, gue pernah ditendang. Ketika lagi asik bercanda A tega ninggalin gue demi nemenin Putri beli Jus. A rela batalin janji malming demi nganterin Putri ke Banjarbaru. A lebih milih nemenin Putri ngumpul comunity daripada nemenin gue nonton konser. A lebih panik ketika harus ninggalin Putri daripada ngejenguk gue yang abis tabrakan parah. A ingkar janji ...

            Dan A nolak gue ajak putus. Kenapa nyiksa sih ?

Gue pikir A bisa bantu gue move on. Bisa ngilangin perasaan gue ke Akka. Ternyata salah besar. A bikin gue nambah pemikiran gue kalo “cowok itu bajingan” cinta itu “munafik” dan “memang Akka yang terbaik”.

            Pas gue liburan ke Jawa, tepatnya pas lagi di Semarang pas mau jiarah ke makam keluarga, akhirnya A mutusin gue lewat sms.

“Sorry gue ketahuan mama pacaran. Gue dimarahin. Gue disuruh sekolah yang bener dulu. Mama tuh sayang sama lo Sekar, udah dianggap anak sendiri. Tapi mama gamau gue yang belum bisa apaapa gini macarin cewek sebaik elo. Maaf tapi gue pikir lebih baik kita pisah.”
            “Gak dibolehin pacaran sama mama ? oke berarti setelah ini elo ngejomblo. Kalo lo punya pacar lagi berarti lo Bullshit”
            “iya ­gue egak bakal pacaran lagi”

Didepan mama, bude, keponakan, dan kuburan kering keluarga. Gue nangis. Nangis sedih dan bahagia. Bahagia ? iya karna emang ini mau gue. Lepas dari orang yang siasiain hati gue.

saksi bisu ..


            Emang ya walaupun perasaan sayang itu cuman sedikit tapi yg namanya perpisahan itu selalu menyakitkan.

-----------------------~(0_0~) _ (~0_0)~-------------------------------------------

            Beberapa bulan kemudian gue balikan sama Akka ( cihuii !! ) dan karena kita sedang meniti-kembali-hubungan-yang-pernah-hancur jadi kita sering marahan, curigaan pokoknya labil lah.

            Dan suatu malem Akka marah ke gue karena gue ngelike Wall nya A ke pacar barunya. Iya A punya pacar lagi. Bullshit ya ?

            Disitu gue jelasin asalan gue ngelike wall itu ke Akka. Akka ngira gue masih ngurusin A, masih nyemburuin A. Idih bukan ! gue Cuma pengen A ngerasa “duh mampus bullshit gue ketahuan” gitu aja. Emang gue salah sih. Maafin gue ya Akka. Tapi setelah ngelike itu A benerbener ngerasa dan dia sms gue alasan sebenernya mutusin gue.

            “Sifat, sikap, dan gaya lo tuh kayak anak kecil ! gue bosen sama lo dan gue seneng bisa lepas dari lo.”

-----------------------~(0_0~) _ (~0_0)~-------------------------------------------

Waktu berjalan. Kita berdua jadi teman. Egak akrab sih, tapi teman. Teman berbagi info dan halhal kecil lainnya. Dan karna gue emang udah akrab sama keluarga nya gue kadang disuruh main kerumahnya buat ngobrolngobrol. Kadang gue mampir, kadang banget. Dan karna gue males hilang komunikasi gitu aja sama orang, yagitulah. Kita teman.

Dan kemudian setelah berbulanbulan kita lost contak. A ngajak gue nemenin dia beli Flashdisk. Gue iyain aja. Ternyata itu Cuma alasan biar gue mau jalan sama dia. Kita pun jalan. Dan disini gue ngerasa aneh. A nempelin gue terus.

A jagain gue dari tangan jahil. A naungin gue disaat gue ngeluh “panas banget sih nanti gue item !”. A cuss desakdesakkan beliin gue minum. A bawain tas sama helm gue. A genggeam tangan gue dan bilang “senang hari ini ?”

Gue bingung kenapa sama ini anak.

Dan begitu pulang. A ngesms gue pertanyaanpertanyaan kepo remaja labil :

Lagi ngapain ?
Udah makan ?
Gak tidur ?

Gue sempat mikir ini bener A apa bukan ? kok tibatiba berubah gini sih -_- janganjangan A yg asli diculik alien dan dibuang ke lubang hitam dan yang tadi siang jalan sama gue itu alien ?

            Atau janganjangan pas A mau jemput gue dia tabrakan dan kepala gue kegetok kaca spion sampe keluar kalimat “Gue siapa ya” ?

            Ah udahlah mungkin ini efek jalanjalan tadi. Dia takut mungkin gue dimarahin Abah jalan sampe lewat magrib dan gue marah ke dia. Besok pasti balik normal

-----------------------~(0_0~) _ (~0_0)~-------------------------------------------

            Gue salah. A egak balik normal lagi. Aaaaa Tuhan A kenapa ini ? A kesurupan !!
“Gue cemburu lo punya pacar”
“Gue sayang sama lo !”
            2 sms itu cukup ngewakilin kekagetan gue.

-----------------------~(0_0~) _ (~0_0)~-------------------------------------------

            A benerbener berubah. Sekarang dia benerbener jadi APA-YANG-GUE-MAU-DULU.
Tiap hari ngesms gue. –tiap menit malah
            Gue lama bales dia pasti nelpon. Kalo egak gue angkat dia kirim lagi sms terakhir dia. Dan begitu gue bales dia ngomong “ahh lo balesnya lama amat”

Over protektif
            Tiap gue jalan serentetan kalimat kepo keluar. “Mau kemana ?”. “Sama siapa ?”. “Berdua aja ? bener ?”. “Naik apa, siapa yg bonceng ?”. “Heh lama amat jalannya !”. “Sekar jangan kemaleman loh pulangnya. Ayo cepet pulang !”. “Bagus ya asik main sms gue dikacangin”. “Alah lo orang sibuk. Udahlah serah mau jalan sampe jam berapa”. Dan dia marah. Idih sumpe loh ?

Tiap hari mau kerumah terus ngajak jalan
            Iya kalo dia egak latihan basket pasti sempetsempetin kerumah gue. Kadang bawain gorengan. Lumayan sih gue nyemal nyemil hehe. .......... dan kalo udah sampe dirumah A pasti ngomong “ke DM yuk”, “ke Siring yuk”, “Ke Dolphin yuk”, “liat ini yuk”, blablabla

Lebih mentingin gue
            “Gue egak bisa jalan malem gue. Apalagi ke Hotel Roditha di kota sebelah.” Waktu itu The Virgin datang ke Banjarbaru. Karena kita samasama suka The Virgin A ngajak gue gabung sama tementemen Virginity nya buat nonton.
            “Nanti gue deh ngomong sama Abah lo. Gimana ?”
            “Egak bakal boleh. Gue tuh tau sifat abah. Lagian apa sih maksa banget. Kan Putri bisa nemenin lo”
            “Gue maunya ditemenin elo Kar, bukan Putri. Atau siapapun”
            “Gamalu jalan sama gue ? gue kan kayak anak kecil”
            “Justru itu, yg gue kangenin dari elo selama ini”

-----------------------~(0_0~) _ (~0_0)~-------------------------------------------

“Lo kenapa gaputusan aja sama dia sih ? LDR juga, dicuekin lagi”
“Dia gamau mutusin gue. Gimana dong”
“Yauda lo putusin dia”
“Sorry gue egak mau mutusin duluan. Takut karma”
“Karma ?”
“Iyalah karma. Tiap orang kalo pernah berbuat salah itu pasti dapat balesannya”
“Alah kesian amat lo punya pikiran kayak gitu. Pacar lo gitu lagi”
“Iya nih bingung gue. Tiap pacaran gada yg bener. Nyakitin semua ! kebanyakan nyianyian gue”
“.............”
“Gue egak lagi nyindir elo kok hehe”
“Iyaiya gue tau kok, gue ngerasa dulu gue banyak salah”
“Karma itu ada. Gue gak salahin elo dulu kok”
“Iya mungkin ini karma gue”


            Entah kenapa gue ngerasa A yg sekarang benerbener tulus ke gue. Gue ngerasa dia berusaha nebus kesalahan dia dulu. Dan sayangnya gue yang sekarang udah gada rasa lagi ke dia selain sayang ke temen.

            A telat nyadarnya. Setelah A siasian gue sekarang dia balik ngemis ke gue. Gue egak pernah ada niat kayak gini, mungkin Tuhan yang buka hati dia. Moga aja A ataupun mantanmantan gue dulu kebuka pikirannya dan stop nyianyiain orang.

-----------------------~(0_0~) _ (~0_0)~-------------------------------------------


            Dari sini gue benerbener sadar kalo karma itu nyata adanya. Mungkin gampang bagi kita buat nyakitin atau mainin perasaan orang. Tapi inget meen, semua itu ada balesannya. Tuhan gak buta, dan pasti nyadarin elo kalo sikap lo salah.

            Hargain setiap perasaan manusia. Gasemua orang bisa sayang tulus ke elo, kalo udah ada yg care, tulus, dan selalu menomorsatukan lo. Kenapa gak ? kenapa harus mencari yg lain ? kenapa mencari yg lebih ?
            Se perfect itu kah elo jadi sampai harus selalu mencari yg lebih dah lebih ? kenapa gabisa menghargai apa yg kita dapat ? kenapa tak bisa merelakan kalau gabisa mensyukuri ?
            Ya gini kalo masalah hati. Terlalu banyak pertanyaan, terlalu banyak tanda tanya. Intinya ingat KARMA aja.


13 komentar:

  1. orang baru percaya karma kalau dia baru mengalaminya.
    selamat berkenalan dengan karma yaaa :D

    BalasHapus
  2. iya walaupun sebenernya gamau kenal :3

    BalasHapus
  3. tentang mantan ya,,

    ga nahan bacanya kaka,, XDD

    BalasHapus
  4. salah satu etalase jadi lebih baik haha

    BalasHapus
  5. begitulah.. hahaha..

    cuman intinya.. karma itu pasti ada.. dan dalam islam pun ada hadis yg menceritakan tentang karma..

    BalasHapus
  6. tanpa di sadari manusia tidak akan percaya sebelum dia sendiri yg merasakannya (masabodoh),, kita ini warga indonesia yg berslogan "dicoba dulu baru percaya" nah begitu halnya kurma kurma ehh karma yee ...
    jadi ini curhatan hatimu yang kudeta cinta dalam instabilitas wajar wajar saja buat yang
    interpretasi himpunan abjad blog mu sekedar mengingatkan
    ya oke lah gueh cuma bisa (y) tapi ada sesuatu ... ya biarlah waktu di belakang biarlah di belakang mari pijakkan langkah kedepan menanti cahaya rainbow yang menyinari bumi persada ini


    lanjutakn curahan hatimu kawan.. :D

    BalasHapus
  7. sekar temenku yang cantik, baik, dan kawai...
    yah... yg lalu biarlah berlalu.

    tapi, jangan di lupain. gak ada yg salah kok belajar dari masa lalu.

    tapi, kalo menurut aku (gak tau salah atau bener)

    menurutku orang perlu berbuat salah biat dapat karma/palingga menyesal dalam hidupnya.toh gak ada orang yg gak pernah salah kan?
    karna kalo gak gitu orang akan selalu merasa "aku benar. kamu salah. kamu bakal liat suatu saat nanti (karma/nyesal)".
    gak salah sih punya pemikiran gitu, dan emang sesuatu yg gak setia/apapun jenisnya salah.
    masalahnya sekarang km yakin km benar karena memang kamu yg bener atau kamu merasa bener karna egois?
    kadang banyak yg melupakan poin ini loh.
    kadang kita perlu memikirkan kenapa mereka begitu?
    perasaan setiap orang itu beda, ada yg peka ada yg engga.
    sadar gak kalo kita bicara sama orang dgn maksud baik, apa semua orang akan berpikir kita baik/ ada yg mikir kita sok akrap dan sebagainya?
    manusia itu adalah aktor yg paling berbakat. contoh waktu km putus, km bisa aja bilang sama mantan yg mutusin km "ya udah" atau yg lainnya toh gak cinta juga. tapi, trus kenapa lo nangis?. yg namanya di putusin sakit

    (apa iya karna itu, gak ada alasan lain) banyak orang yg gak mau jujur agar mereka kuat/ mereka gak jujur karna meraka gak mau salah?
    itu beberapa pendapatku... hehehe...
    mungkin apa yg kupikirin ini bisa aja salah.
    yah balik lagi pemikiran orang akan setiap hal itu beda-beda.
    semangat sekar ^_^.......
    aku jadi salah satu tokoh yah .... hoho

    BalasHapus
  8. hy juga temenku yg putih dan sipit, iya kamu jadi tokoh disini haha


    agak bingung sbnerny mksud dari komentar mu, aku msti baca berkali2 loh -_- tapi ini uda ngerti ( maklum lah lola )
    gausa diblas disini kali ya ? orng kita tiap hari ktmu, tiap hari curhatan -_____-

    BalasHapus
  9. ehem ehem, kok komenan mu sama si itu rada2 sama ya ? sama2 panjang dan membingungkan ._.
    ohiya astaga ini vicky prasetyo ya ? xD

    BalasHapus
  10. begitu gimana -_________-


    ya mungkin psti ada. klo spesial sekar uda ngrsain jdi percayalah

    BalasHapus