Sabtu, 22 Juli 2017

Churros, Donat Spanyol Yang Rasanya Nampol.


Di postingan sebelumnya gue ngomong mau ke puskesmas kemarin buat periksa masalah batuk yang tak kunjung berhenti, tapi ternyata emang cuma ekspektasi doang. Realita nya habis sholat subuh gue kebablasan lagi tidur sampai jam 9, lanjut jadi pembantu di rumah sendiri sampai jam 12 dan TERNYATA paketan kaos kaki jualan gue (buat yang enggak tau, ya, gue jualan kaos kaki) datang. Kemudian Nanad sama Vanda (owner olshop gue juga) datang dan kita packing-packingin pesanan sampai jam 6. Ngepacking doang sampai 6 jam ? Iya, karena sebelum dipacking kita harus memilah-milah kaos kakinya dulu apakah ada kecatatan atau enggak ? barang datang sesuai pesanan apa enggak ? kalau ada yang enggak sama, dicatat, terus ngehubungin pembeli mau tukar sama barang ready atau nunggu kita pesan barang baru lagi apa gimana. Belum lagi pelanggan rewel mau dianterin saat itu juga hmmm. Ya hal semacam itu lah yang bikin proses packing lama.

Alhasil gue enggak jadi ke puskesmas dan batuk semakin menjadi-jadi. Dan blo'on nya gue enggak bisa nahan hasrat pengen ngemil mulu. Malamnya gue beli gorengan, tahu goreng sama risoles. Makin seret deh nih suara. Selesaai bertempur dengan hasrat menolak mati-matian makanan berminyak tapi mati-matian pengen makan itu, Ridha datang main kerumah sambil bawain churros. Dan enggak bisa dipungkiri kalau churros jualan Ridha sama kakaknya itu ENAK BANGET. Ya Ridha emang BAIK BANGET suka tiba-tiba bawain makanan, sogokan biar gue denger curhatnya kali yaaaaa ....

Penampakan si ucul:

Jadi Ridha sama Ka Putri (kakaknya Ridha) baru-baru aja mulai jualan churros, kalau enggak salah dari bulan april. Tapi karena berdua kakak adik itu emang punya tangan yang enggak tau kenapa pakai tuyul kali masak apapun selalu enak, jualan mereka laku keras. Bisa dilihat dari testimoni di akun olshop instagram mereka. Dan itu wajar karena gue sendiri merasa enak banget, apalagi kalau dianterin, gratis pula, hehe. Makanya kalaupun lagi batuk parah kayak sekarang gue anteng-anteng aja ngehabisin itu churros.

Btw, tau churros kagak ? Setau gue di Banjarmasin baru Ridha dan Ka Putri deh jualan, sama orang kemarin ada juga waktu di Pasar Ramadhan Pemko Banjarmasin. Gue enggak nyobain sih yang di Pemko kemarin, pertama karena lumayan mahal dibandingkan jualan Ridha mungkin karena sewa tempatnya juga yang lumayan mahal. Kedua karena beberapa kali gue datang lagi kesana selalu belum buka karena gue datangnya sore sebelum buka puasa.

Ngutip dari kata penjualnya nih. "Churros itu berasal dari Spanyol, donat tapi adonannya bukan kayak donat ini bentuknya juga gak kayak donat, tapi bertepi sisi-sisinya dan bentuknya biasanya panjang-panjang." Iya, bentuk churros panjang dengan agak bergerigi. Luarnya crunchy tapi dalamnya lembut. Enak dimakan pas masih anget, kalau dingin udah enggak se crunchy waktu masih anget sih, tapi tetap enak kok ! gue pernah makan yang dingin pas mesan tapi ketiduran hehe jadi makannya pagi besok. Dan yang bikin churros nya Ridha dan Kak Putri enak adalah karena tersedia berbagai macam varian dipping dan dusting


Waktu awal pertama mereka open pre order, Ka Putri lagi kerja. Gue yang waktu itu lagi keluyuran enggak jelas tujuan dari pagi-pagi hari udah main dirumah Ridha. Yaudah gue bantuin deh Ridha bikin churros. Ridha bikin adonannya, pas udah jadi dimasukkan ke alat pencetak churros. Bentuk cetakannya semacam kayak tembakan gitu. Bentuk cetakannya tabung, didalamnya ada semacam besi, dan dibawahnya ada pencetakan kaya pistol. Jadi kalau mau masukin adonannya, besi didalam tadi ditarik dulu sampai diujung belakang, masukkan adonan dari sisi berlawanan, baru deh dipencet pencetan kayak make pistol buat nembakin peluru. Jadi tiap dipencet, fungsi si besi tadi mendorong adonan ke depan dan adonan keluar sesuai cetakannya.
*ngerti enggak sih ? rempong banget gue ngejelasinnya. liat gambar aja lah kalau bingung !

alibaba.com

Selesai di cetak, goreng deh ! dan ugh crunchy bangeeeeeettttt. Dipping faforit gue itu nutella sama silverqueen. Gue suka beli yang mini soalnya lucu kecil-kecil gitu. Enak pokoknya kalian harus beli ! Pas gue tanya ke Ridha, ada enggak sih kepikiran buka stand gitu ? kayak semacam gerobak milty bubble Ridha jawab ya pasti ada kepikiran. Sambil ngumpulin modal buat buka usaha yang lebih besar. Doa'in aja ya mudahan usaha Ridha dan kakaknya ini makin sukses :)
Yang mau kepoin instagramnya bisa buka di : @chuloop.id. Kok chuloop ? bukannya churros ? Iya chuloop itu kependekan dari churros dan loop yang maksudnya love.


10 komentar:

  1. Kenapa aku membacanya malah jd kul*p lah? Wahahaha
    Aku belum pernah mencobai kuroooos!! Handak pangs akoo..
    Eh btw bedanya dipping lawan topping apa? Klo topping di atas barti klo dipping di dlm lah? Wahhah sotoy

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa itu kul*p ? gagal konek nah wkwk.
      harus nyoba, enak banar. itu cek ig nya lagi open PO hari ini terakhir.
      topping kan taburan diatas lo, iyalah ? dipping itu celupannya.

      Hapus
  2. wahh bisa kena di bawa kar waktu meet up lawan buannya makanan donat spanyolnya. Lumayan lo kena jadi kada usah mesan makanan lagi di cafe Whahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ku bawakan asal baginda raja yang terhormat Adi Febrian pas berhadir

      Hapus
  3. aku kira apa kah, ajari pang meulah blog

    BalasHapus
  4. Kerenn..
    Tapi namanya ambigu ya.
    Bisa di baca culup.
    Bisa di baca kulup.
    Dan keduanya ada di bahasa banjar ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. haw di culup tu artinya apa, kulup tu artinya apa wkwkw

      Hapus
  5. Whaaa churrosss. Salah satu jajanan fav eikeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiii ka Lidya bisa bikinnya juga ?

      Hapus