Minggu, 14 Juli 2013

TKJ B Dua Tahunan


Beberapa hari yg lalu gue  ngumpulin semua bukubuku lama gue, semua GUE bersihin dari debu dan gue pisahin sesuai judul. Setelah rapi isengiseng gue baca komik Shincan dan tertarik disalah satu cerita. Ceritanya gini.
Ada seorang cowok yg bawabawa kamera tersembunyi ketaman biar bisa mengabadikan foto celana dalam cewek, tujuannya biar tuh foto bisa dikenang saat dihari tua. Sedangkan si Shincan ketaman buat melukmeluk cewek dan mengabadikan kenangan itu dalam ingatan untuk dikenang dihari tua.
Oke itu freak. Tapi wajar lah komik Shincan vulgar -_-. Nah kenapa gue tertarik ? karena tibatiba gue mikir, kenapa gue gak bikin aja sesuatu yg bisa
dikenang tentang masamasa putih abuabu gue ? sesuatu yg ketika gue ngeliat itu gue jadi kepikiran masamasa gue dulu dikelas smk ? gue pun inisiatif. Gue harus ngetik semua kenangan sewaktu masih KELAS X SAMPAI ketika menginjak KELAS XI TKJ B.  Gue harus ngetik sebelum gue lupa semua kenangan lucu yg wajib diingat ketika gue SMK.  Gue harus ngetik, harus. Karena kalo ga diketik gue takut lupa, gue kan pikun hehe.
            Banyak orang bilang masa putih abuabu itu yg paling seru kan ? Iya bener banget. Pas smk ini gue banyak ngalamin pahit manisnya kehidupan. Susah senengnya pertemanan, ketawa nangisnya mikirin nilai bareng temen sekelas. Dan itu semua sayang buat dilupain dong
Dan beberapa hari ini gue sibuk mengingat kenangan apa aja ? sebagian yg masih gue ingat langsung gue ketik. Sebagian lagi gue lupa sama sekali, gue pun sms tementemen sekelas. Kenangan apa yg lo inget tentang kelas kita ? mereka pun ngasih tau beberapa. Dan ini hasilnya :

Pra masuk
1.      Gue celingakcelinguk bingung ngambil formulir pendaftaraan dimana. Pas nemu langsung ngobrol sama panitia. Dibilang “ini adek pasti diterimah, cantik sih” tsaah .. EMANG !! haha
2.      Tes tertulis diaula. Kaget karna cewenya Cuma 2baris dan cowoknya ngujubileh buanyak banget !! alhasil Cuma melongo
3.      Cek murid yg diterima, gue cari nama gue didaftar TKJ gada. Cue cek di TAV gada. Disemua jurusan pilihan gue gada ! dan begitu liat dibawah daftar TKJ ada kertas lain yg tertempel ‘sambungan TKJ’ eh nama gue nongol. Alhamdulilah masuk (gajadi nangis)

MOS (Masa Orientasi Siswa)
1.      Pra MOS. Gue yg lagi ademademan dirumah kaget nerima sms kakak kelas gue yg ngasih tau kalo hari itu Pra MOS jam 2. Dan dia ngsms itu jam .. setengah 2 ! alhasil gue datang telat dan dihukum disuruh push up dengan gaya ala .. kucing kawin. Gue diketawain senior dan junior. Asem
2.      Selama MOS gue telat terus, hari terakhir doang egak.  Setiap hari dihukum push up atau jalan jongkok. Hiks kalian kejam kak. Mana diwajibkan mengepang rambut memakai tali rapia sambil makai emping dileher. Kakak senior berhasil membuat kami mirip orang gila nyasar ( lu tau emping kagak ? ituloh dodot adek bayi. Gatau juga ? tanya ditoko bayi gih )
3.      Waktu tebakan MOS “makanan faforit boyband sm*sh apa ?” semua junior serentak mikirnya itu sosis sonice karna sm*sh emang main iklan diproduk itu. Ehh ternyata salah. Jawaban yg bener nasi. Bego ah salah semua -_-
4.      Lisa jadi bahan gombalan terus. Digombalin kakak senior dan digombalin anak kelas sebelah. Tapi Lisa stay cool. ( stay cool apa nahan salting say ? hehe )
5.      Kenalan sama Rusma. Baru kenal udah gue cerewetin dan gue susahin dengan “duh topi gue jelek ya ?” dan “punya lem Rus ?”
6.      Dikasih tau tentang bengkel jurusan, setiap jurusan punya bengkel masingmasing. Dalam pikiran gue bengkel yg dimaksud kayak bengkelbengkel pinggir jalan yg sering gue lewatin. Kotor gitu. Eh ternyata egak.
7.      Dikasih tau sekolah gue menerapkan sistem moving class. Artinya setiap pelajaran gantiganti ruangan. Gue memandang serem ke sekolah yg luasnya hampir 4hektar. Gimana kalo gue nyasar ?

X TKJ B semester 1
1.      Awal masuk bingung dan takut. Jadi kalo mau sampe harus smsan dulu sama tementemen janji ketemu didepan gerbang. Kuper asli
2.      Gak kenal muka temen sekelas sendiri kecuali Rusma, jadi kalo gue gak liat Rusma gue ogah masuk kelas. Takut salah masuk muehehe
3.      Gue ditunjuk jadi Bendahara kelas. Itu artinya bendahara seumur hidup karna itu posisi yg paling dimalesin orang. Ahh untung gue pinter nyimpen duit. Sementara Rusma jadi Sekretaris, Putra jadi ketua kelas. Dan Aulia jadi wakil ketua kelas. Wali kelas kita Ibu Herlina yg cantik doong.
4.      Lisa ulang tahun. Zikri cs nyanyi didepan kelas disuruh Ibu Zakiah. Dibengkel TKJ
5.      Rifly kecelakaan, tangannya patah. Pas ada tugas pelajaran K3LH (Keselamatan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup) tentang kecelakaan saat bekerja si Rifky jadi contoh korban. LOL
6.      Saufi ngebos dan nyuruhnyuruh marahin gue buat ngumpulin kas kelas. Gue langsung mikir “enak aja ini orang nyuruhnyuruh, kenal juga egak huh.” eh ternyata sekarang kita friend banget :*
7.      Aulia sama Dede dihukum jawab soal dikelas Matematika. Berdiri berdua sekilas kayak orang pacaran jiahaha.

8.      Gue , Yosep, Aldi, Novrin, Putra sama Duan sempat bikin band kelas. XALLAWAR RABBIT. Band apaan ya, bentar banget bubar wahahaha.
pas lagi mikirin nama band nih

9.      Gue dimusuhin Yosep and the gang ( Yoseph, Aldi, Duan, Novrin, Yadi, dll ). Karna ga tahan dimusuhin gue nangis didepan bengkel dan ditenangin sama Saufi, Rusma, Novi, Novrin, Yosep, dll. Terus baikan. Ah cengengnya gue ..
10.  Lengan gue, Vira, sama Lisa merahmerah abikat cubitan mautnya Yosep.
11.  Pas olahraga Lisa sakit, muntah di WC terus masuk UKS ditemenin Vira. Gue Rusma dan Novi langsung ngejenguk biar dikira baik gitu hihi. Aslinya kami emang baik sih *benerin dasi*
12.  Foto bareng Ibu Rihanna. Waktu itu masih ada Rumaidi ( Ibeng )

13.  Gue yg suka SM*SH, dan akibatnya gue dipanggil MAHO. Gue yg suka LUNA MAYA disorakin dibilang PEMERAN VIDEO BARENG ARIEL. Dan gue dapat gelar MIANG. Sumpe loh ?
14.  Rusma entah kenapa dipanggil FENOM, Sekarang lebih dipanggil NOAH. Putra dipanggil Kai atau BAGA. Zulfikar AVAST. Rizky achmad dipanggil PP. Dedy gue panggil ABAH. Rafli dipanggil Lorenzo. Aldy dipanggil Jabis. Sandy dipanggil jenong. Rumaidi dipanggil Ibeng. Rizal dipanggil Biksu Tong.  Ngngngn selanjutnya gue lupa siapasiapa aja yg dapat nama gelar.
15.  Jalanjalan ke Duta Mall. Cihuuii kita alay.

16.  Aldi dimarahin bapak KKPI (lupa namanya -_-) Suryadi ya kalau gasalah ? karena posisi duduk yg kurang sopan.
17.  Yosep, Aldi, Duan dihukum push up dikelas Fisika
18.  Gue Novi sama Rusma ditegur keras karna terlambat masuk kelas terus haha. Disetiap kelas, disetiap guru.
19.  Kalau pelajaran diaula gada yg merhatiinya. Pada ngobrol semua
20.  Pas disaat lomba sumpah pemuda. Rusma ikut lomba baca UUD dan berhasil mendapatkan juara ke 2, ihiii dapat piala. Saufi juga ikut lomba baca Sumpah Pemuda, juara 2 jua. ( iya gue tau kalian akrab tapi hasilnya kenapa harus sama ? kenapa gada yg juara 1 ? ahh seandainya gue yg ikutan lomba ). Gue Yosep Duan Novi Saufi Johan dan Rifky ikut lomba paskibra, latihannya dadakan dan Cuma 3 hari, itupun hasil bujukan Wali kelas. Dan hasilnya bikin malu aja hehe.

21.  Saufi nyanyiin lagu buat Novi di aula, kita duduk paling belakang dan mulai lah adegan soswit itu.
22.  Abu masih pinter, masih kalem.
24.  Meja Rusma rusak dan disuruh Ibu Zakiah ganti. Rusma pun menganti dengan Meja yg belum berakit. Jadi kelas TKJ hari itu bukan ngerakit komputer, tapi meja.

25.  Stiker helm kalau ditaroh diparkiran pasti hilang. So kitakita pun naruh dibengkel TKJ. Aman bro
26.  Vira pas olahraga kepleset, celana nya sobek. Sampai sekarang belum dijahit ( mengenang mungkin ? )
27.  Yosep and the gang dihukum push up (lagi) dikelas Ipa sama Ibu Ade


X TKJ B semerter 2
1.      Vira ulang taun. Dikerjain Ibu Herlina yg ngasih tau Vira naik kelasnya dipending. Vira nangis dan kami semua ngucapin met ultah sambil nyanyi.
2.      Putra mangkat dan posisi ketua kelas digantikan Saufi sampai sekarang. Hemm gue boleh mangkat juga gak ?
3.      Johan ribut sama Sandi diruang kimia. Gue langsung amanin tas, takut dibanting Johan hehe
4.      Pelajaran agama di Mushola. Kebanyakan bukannya belajar malah numpang tidur

5.      Abu mulai agak ‘beda’
6.      Windu jarang masuk sekolah garagara galauin cewek (ih sumpe loh gitu aja bolos sekolah ?)
7.      Rusma ultah bulan Juli. Gue ingatnya Juni jadi sok ngasih suprise kado. Eh ternyata salah bulan. Aaaa maluuu
8.      Vira dibikin nangis Yosep gegara cubitannya yg sakit itu.
9.      Saat kena giliran jadi petugas upacara. Gada yg maunya, Cuma si Johan yg sebagai pemimpin upacara. Alhasil kami sekelasan dapat poin (kecuali Johan) Rusma yg shock pingsan dibengkel TKJ. Pas pingsan lucunya gue, Novi sama Bapak Dasuki ngira dia tiduran. LOL
10.  Pas pelajaran seni budaya kelas ribut. Pada teriakteriak. Tiba2 ibu Fisika datang marah2 sambil bilang “ini kelas atau hutan sih ?”
11.  Ganti baju bukan pada tempatnya. Misalnya kantin. ckc

12.  Rumaidi berhenti sekolah (we miss you Ibeng). Hiks.
13.  Abu bikin kantor BP heboh garagara ngira Abu kesurupan, matanya melotot terus tangannya digempal. Bapak Suryadi sampai takut sama Abu terus manggil Ibu Herlina yg lagi ngajar kami buat nenagin Abu. Padahal mah Abu emang kayak gitu tiap hari hehe

XI TKJ B semester 1
1.      Denny sama Aulia kalau pelajaran KWU sama Ibu Lisa yg cantik sexy pasti duduk paling depan. You know lah kenapa
2.      Mulai mikirin magang, pelajaran selama 1 semester dipelajarin Cuma selama 3bulan. Dikasih banyak tugas dan PR. Capek bu capek :”)
3.      Bersihbersih Bengkel TKJ. Buhannya bersihbersih mereka malah ngambilin barang yg udah gak dipake ( CD Driver dll )
4.      Rizal sakit, kita pun ngumpulin duit buat nyumbang dan rencananya besok beli bingkisan dan nengok. Eh ternyata besok Rizal udah sehat dan masuk sekolah. yauda duit yg udah terkumpul dikembalikan lagi
5.      Rafli ( Lorenzo ) selalu jadi korban kejahilan tangan nakal anakanak kelas gue


6.      Zikri konflik dengan Ibu Herlina KKPI. Ibu nya terlambat masuk dan kami protes, Cuma gada yg berani protesnya jadilah Zikri perwakilan. Eh Ibunya malah nyolot padahal beliau yg salah. (oke ini guru emang kerjaannya marahmarah terus)
7.      Ibu Risma marahmarah dikelas kami, garagara Aldi and the geng ribut terus kaya anak ayam. Itu Ibu ngambek deh cus keluar kelas ninggalin anakanak manis didalamnya.
8.      Sandi mukul pantat Vira pakai kabel UTP, kemudian egak lama Vira nangis. Gue lupa Vira lapor ke guru atau emang gurunya yg ngeliat kejadian perkara secara langsung, yg pasti egak lama setelah insiden pelecehan itu Sandi ditegur keras oleh Ibu Echa ( yg lagi ngajar jam itu ) kata beliau “kamu itu melakukan tindak kekerasan pada perempuan !” Huh hidup perempuan !!
9. Gue ketiduran dikelas matematika. somplak siapa yg moto ?



XI TKJ B semester 2
1.      Pulang magang langsung kangenkangenan sama tementemen sekelas (atau lebih tepatnya Cuma gue yg kangen ?) pada nanya nilai magang heuu
2.      Foto bareng Ibu Andika

3.      Pelajaran bahasa inggris sama Ibu Mei disuruh bikin resep kopi sendiri pakai bahasa inggris. Dan biar rame kami disuruh bawa bahan aslinya. Jadilah kelas kami sehari menjadi kelas tataboga

4.      Dengan Ibu Mei disuruh membuat video percapakan bahasa inggris. Video kelas gue gada yg waras haha.

5.      Disuruh nyanyi lagu bahasa inggris sama Ibu Mei. Yg nyanyi Cuma gue, Saufi, Yoseph. Yg lainnya cuman ngumpul lirik lagu. Ngek ga adil.

6.      Foto bareng Ibu Mei

7.      Karena baru pulang magang, pas masuk kelas dan mau mulai pelajaran kami langsung bilang “Bu, santai aja ya dulu ? kan baru selesai magang masa langsung belajar”. Itu sih emang karena muridnya males. Dan bodohnya hampir ke semua kelas yg dimasuki kami minta pelajaran santai
8.      Gue dibikin nangis dibengkel TKJ bawah garagara ada belalang. (baca coretan ke 29)
9.      Foto bareng Ibu Herlina ( Wali kelas )


10.  Ibu Herlina (wali kelas) yg gapernah marah tibatiba marahmarah ke kami sambil mukul peggaris ke meja. Dibengkel TKJ. Garagara insiden sok suci. Heu serem.
11.  Novrin dipanggil ke BP, kasus foto sama rokok. Hiiii. Padahal Novrin gasalah, gurunya yg nuduh sembarangan
12.  XI TKJ B bikin Video Harlem Shake. Hahaahahah hal paling gokil.

13.  Johan sama Yoseph and the Gang EGAK PERNAH akur.
14.  Ibu Zakiah pernah marahmarah ke Zikri karena beliau merasa Zikri meremehkan beliau dengan ngasih sebuah pertanyaan yg dianggap Ibu Zakiah menyindir beliau, alhasil Zikri dapat teguran dari Ibunya.
15.  Tiap ada waktu santai atau ada pelajaran kosong kami pergunakan untuk nonbar film di netbook gue.

16.  Suatu ketika Ibu Herlina ngomong dikelas, kalau beliau kecewa sama sikap anak buah beliau, Ibu Herlina lepas tangan, udah capek mungkin nerima terlalu banyak laporan dari guruguru lain yg melapor kalau kelas gue terlalu banyak masalah ( baik perorangan maupun sekelas. ) terus Ibunya curhat ke Bapak Dasuki masalah kekecewaan beliau. Egak lama setelah itu Bapak Dasuki yg ngambil alih dan ngasih masukan ke kelas gue kalau sebaiknya kelas gue memohon maaf ke Ibu Herlina. Wali kelas yg selalu memperjuangkan nilainilai kami. Hiks.
17.  Ibu Andika ngambek sama anakanak kelas gue, gabanyak ngomong langsung keluar kelas. Kelas gue yg emang egak peka kalo ada guru yg lagi marah malah asik bercandaan dikelas. Dan jeng jeng jeng masuklah Bapa Dasuki marahmarah ke kami “Kalian itu tidak menghargai guru”. Iya pak emang tementemen dikelas saya kurang ajar semua, tapi saya egak kok pak *nutupinmuka*
18.  Ini nih adegan mengharukan. Diakhir semester disaat akhir ulangan. Tibatiba Bapak Dasuki menghampiri anakanak kelas gue dengan ramah dan bapaknya Cuma bilang gini “Bapak berhenti dari TKJ dan dipindah ke jurusan TAV karena pemutusan sebelah pihak. Bapak pesan sama kalian, kalau misalkan nanti suatu saat sukses dan menjadi pemimpin jangan pernah berlaku SEWENA-WENA, hargai orang walau secuil. “ kata beliau “Kita tidak boleh dengsi sama orang lain, atau marah. Kalau pun kita yg diperlakukan seperti itu oleh orang lain, biarkan saja. Balas dengan perilaku sopan, biarkan dia salah dalam mengambil keputusan agar dia malu dengan keputusan dia sendiri.”
19. Foto bareng Bapak Syamsuri Umar ( Bapak bahasa indonesia paling ganteng. Katanya sih ) 


 
Selama 2tahun menuntut ilmu di Teknik Komputer Jaringan kelas B ini. Kami kehilangan Putra terbaik TKJ
·         Bapak Salwi Yulican S.T
·         Bapak Dasuki S.T
Juga kehilangan teman sekelas kami : Rumaidi ( Ibeng ). Yang memutuskan berhenti sekolah dan membantu kedua orang tua nya mencari nafkah.

Nah segitu aja yg berhasil gue ketik haha. Bekanyakan sih pengalaman gue sendiri (gaboleh protes, gue yg ngetik kok wee).


10 komentar: