Senin, 21 Agustus 2017

TEMPAT JUAL BUKU (KOMIK) MURAH AREA BANJARMASIN



Selamat hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 tahun ! :) Jaya Indonesia ku ! Enggak cuma Indonesia yang merdeka, aku juga sekarang sudah merdeka. Merdeka dari beban mahasiswi akhir maksudnya hehe. "Habis gelap terbitlah terang". Yup, aku sudah melewati masa-masa magang, menyusun tugas akhir, serta sidang dan sekarang sedang semangat-semangatnya menyiapkan kebaya untuk acara yudisium dan wisuda. Waktu berlalu itu memang enggak berasa ya ?

Banyak manis asem asinnya sih selama melewati berbagai macam rintangan untuk mendapatkan gelar A.Md di belakang nama. Mulai dari dapat dosen pembimbing TA yang super teliti, mencari buku referensi ke berbagai toko buku sampai ke kota sebelah, mencari tempat penelitian sampai ke kota sebelah juga, dan berbagai macam kesulitan lainnya. Alhamdulilla semua bisa terlewati dengan baik dan menyisakan kenangan manis semasa kuliah. Bener-bener deh, suatu saat bakal kangen sama kalang kabutnya konsul ke dospem hehe.

Salah satu hal manis yang aku dapatkan selama menyusun TA adalah, aku jadi lebih tau seluk beluk toko buku di Banjarmasin. Jadi lebih tau lokasi, harga, dan penjual mana yang bisa dikibulin -iya suer dikibulin, jadi aku enggak beli bukunya cuma numpang moto diem-diem muehehe-. Terutama buku komik, karena ketika kesana kemari nyari buku referensi, aku selalu menyempatkan untuk mampir ngintip-ngintip komik :') Aku memang suka baca komik, tapi selama ini beli pasti di toko buku Gramedia, atau nyewa komik, atau minjem temen xD jadi pas nemu toko buku yang harga komiknya murah berasa excited banget. Pas iseng ngesnapgram eh ternyata banyak banget yang mendirect message nanya lokasi komik tersebut dimana. Ternyata banyak yang belum tau juga ya ?

Pasar subuh
From : parigalwisata.blogspot.com
Semua orang pasti sudah tau kalau pasar subuh adalah biangnya serba murah di Banjarmasin. Nah kemaren pas kesana ternyata ada paman-paman jualan komik dengan harga 3 buku Rp 10.000,- dan komik yang dijual bukan jenis komik yang kertasnya tipis atau gambarnya buram. Bagus loh komiknya. Dan bahagianya adalah komik yang dijual disana adalah komik-komik terkenal seperti yang aku lihat ada Midori Ia A Tomboy karangan Ikeyamada Go, Detektif Conan dari Aoyama Gosho, sampai ada komik Cardcaptor Sakura karangan CLAMP-sensei. Tapi sayang, si paman komik enggak stay tiap minggu di pasar subuh.


Jejeran toko buku merdeka

From : Google Maps
Nah disamping toko buku Merdeka itu, ada kan toko buku yang rukonya gede ? Disana jualan komik 5ribu per pcs. Komik yang dijual lumayan lama sih, terbitan Elex Media Komputindo semacam klub misteri, misteri dunia lain, atau komik serial cantik. Tapi lumayan lah komiknya bikin khilaf beli beberapa komik sekaligus.

Bazaar buku perpusda
From : Banjarmasin Post - Tribunnews.com
Ini emang super murah banget. Semua ada disini mulai dari komik, novel, buku pelajaran, Alkitab, buku masak, dan lain sebagainya. Harga nya murah banget Masyaa Allah :") dari kisaran 5ribu sampai dengan 100ribuan. Aku kemarin beli novel Harry Potter 4 seharga 50ribu, novel Harry Potter 5 seharga 40ribu, novel Ghost Girl 20ribu -ketiga novel tersebut harga normalnya masing-masing diatas 100ribu-, buku Sumber Daya Manusia seharga 25ribu dan buku Teknik Menulis Surat seharga 5ribu. Menolong kantong mahasiswi sekali duh :"). Tapi sayang bazaar ini buka hanya sampai tanggal 21 agustus kata mba yang jaga nya kemarin. Tapi nanti kalau penasaran bisa aja cek lagi ke Perpusda apa masih buka atau enggak bazaarnya karena dari kemarin-kemarin beberapa kali mau tutup tapi diperpanjang terus karena respon masyarakat yang positif.

Selain itu, taman bacaan buku Da-boomb juga kapan hari sempat menjual koleksi komik dan novelnya karena kata yang punya tempat mau fokus ke usaha Cafe yang terletak disebrang taman bacaan tersebut. Harga yang dijual bervariasi dari yang terendah seharga Rp 2.000,- kalau enggak salah, lupa kemaren beli berapa harganya. Ada yang tau enggak Da-boomb masih jualin koleksi bukunya enggak ?

Kemarin juga pas melewati jalan Beruntung Jaya di pal 6, aku liat ada tulisan jual buku dengan diskon 20%. Nanti deh aku coba cek dulu kesana berapa kisaran harga bukunya. Oh iya, kalau kamu punya koleksi buku komik, novel, buku pelajaran, atau apapun, bisa disumbangkan ke taman bacaan SR yang beralamat di jalan Benua Anyar. Insyaa Allah mendapat pahala yang berlipat ganda, aamiin !. Untuk jelasnya bisa lihat di :


***

Memang sayang disayangkan keberadaan buku cetak jaman sekarang sudah tidak sewow dulu. Faktornya dikarenakan harga komik yang lumayan mahal untuk ukuran pelajar serta trend nya sosial media yang lebih mampu menarik minat anak muda dibandingkan buku-buku cetak. Aku sendiri sekarang sudah amat jarang beli buku, dikarenakan hadirnya webtoon dan kemudahan mendapatkan ilmu bermanfaat lewat internet seperti mengakses website karya anak banua Pena Blogger Banua yaitu website badangsanak.com, maupun mempelajari ilmu ototidak melalui tutorial seperti desain grafis rizqialam.com misalnya. Tapi dengan hadirnya kemudahan yang disediakan internet, tetap luangkan waktu untuk melestarikan kebiasaan membaca di media cetak ya !

Terima kasih sudah mampir, komen ya kalau kamu punya tempat referensi komik murah lainnya di daerah Banjarmasin :) bagi yang sudah tau 3 lokasi yang aku sebutkan diatas, koreksi apabila ada kesalahan, untuk yang belum tau semoga bermanfaat !



Tulisan ini diikut sertakan dalam:

6 komentar:

  1. Waduh jadi inget masa-masa SD tiap kali jam istirahat langsung ngacir ke Da-Boomb! buat baca komik geratis hahahah :D Nice info, Kar. Semoga bisa jadi inspirasi buat anak-anak milenial sekarang yang apa-apa serba digital.

    BalasHapus
  2. Surga banget buat pecinta buku Banjarmasin nih, kalo di sini mah kaga ada yg kaya Pasar Merdeka apalagi cuci gudang Gramed, jadi klo mau beli buku online aja, lebih muraah dan beragam... Hihi

    BalasHapus
  3. Waaaaa.. Harganya pas bazaar jadi super murah banget. Infoin dong lain kali Sekar kalau ada bazaar gini, mau beli novel :D

    www.rima-angel.com

    BalasHapus
  4. Entah kenapa ruko2 buku sekarang jrg di minati pra pecinta buku,yg pdhl lebih murah, eh malah lebih milih beli buku di gramed yg jls lbh mahal. apa mungkin Krn di Gramedia lebih update ya?

    BalasHapus
  5. Aku sampai sekarang masih belum tahu pasar subuh itu lokasinya dimana. Heu

    BalasHapus
  6. Suka banget info kayak gini. Sayang nggak di Banjarmasin. But at least, ada temenlah yang bisa dititipin gratis. Hehe

    BalasHapus