Selasa, 11 Juni 2013

Budaya Menyontek

Gue lagi masamasa ulangan umum nih guys. masamasa penentuan buat masa depan gue. Masa senang karna setelah melewati ini gue bakal merasakan kelas 12. Masa pusing mikirin gimana menghadapi soal dan mikirin gimana caranya kerpean gue egak ketahuan. Iya gue ngerpe hehe ..



Anak jaman sekarang mana ada sih yang jujur ? sampul depannya doang baik dalemnya pasti nakal juga. Ya kalo ada yang menilai gue curang atau egak jujur atau what the hell lainnya, gue sih cuman mikir simple. Disaat tementemen disekeliling gue berbuat curang, menjadi iblis. Nah ngapain gue sok suci nahannahan diri jadi malaikat ? tementemen gue nilai bagus sementara gue jeblok. Enak gitu ? kadang kita harus mengikuti perkembangan jaman looh. Guruguru juga udah pada ngerti sistem murid gitu semua.

Ada yang bilang nyontek, ngerpe, liat kunci itu gada usahanya, gada hasilnya. Mikir simple aja ya : SEMUA ITU JUGA USAHA. Dengan nyiapin kerpe kitakan juga baca soal, minimal memandang soal. Dengan nyontek kitakan usaha manggil temen dan melirik kertas jawaban, itu olahraga mata dan leher loh ! liat kunci juga usaha menghapal dan memastikan kunci bener apa egak.

buat cowok jangan ikuti ini. jangan !
mending gini kan ._.

Ya mungkin egak semua orang mikirnya gampang gitu gitu. “besok ulangan ? santai aja kan ada kerpe/kunci/temen pinter” Semua anak curang juga dalam hatinya merasa bersalah dan berusaha belajar. Kadang kitakita yang nyiapin kerpean pun juga belajar agar si kerpe egak harus dikeluarin. Egak iblis banget kan ? dan usaha curang itu juga egak selamanya berhasil. Terkadang ada soal yang beda dengan kerpean yg udah disiapin. Atau kena guru pengawas yang galak dan duduk dibelakang. Atau temen pelit egak mau ngasih lihat jawaban. Kalo udah gitu bisa apa ? hitung kancing ? capcipcup kembang kuncup ? egak kan ? nah itu gunanya belajar sebelum nyiapin kerpe !
Saat ulangan juga banyak murid yang gelabakan belajar sampai tengah malam. Hey itu egak efektif !! kalau gitu jamin deh besok kesiangan, apa yang dipelajarin gada yg ingat, dikelas ngantuk, dan semua itu bikin egak konsen. Dan apa jadinya ? gabisa jawab soal ! menurut gue sih bagusnya tidur lebih awal biar bisa bangun lebih awal. Solat subuh dulu terus sarapan biar otak bisa kerja maksimal, terus belajar deh. Menghapal pas pagi itu efektif loh, otak masih kosong dan belum dibebani masalah lain, so elo isi dengan pelajaran. Insya Allah inget. Gue jamin. Asal lo nya serius aja ngebaca buku pelajaran bukan novel ..
Waktu gue ulangan dari 3 juni kemaren. Gue ngerasa beban banget. Gue belajar egak masuk ke otak karna gue banyak pikiran. Gue mikirin rumah yang direnovasi dan semua barang dikamar gue pindah keruang tamu. Gue mikirin soal kejombloan dan nasib PHP gue. Gue mikirin tempat magang yang sampai sekarang belum mengkonfirmasi diterima atau egak. Gue mikirin tugas yang belum selesai. Ahh gue pusing. Mana gue PMS, tertekan sedikit gue pusing dan marahmarah (oke kalau pemarah itu emang sifat gue).
Untungnya tementemen kelas gue suka ngelawak semua. Gue terhibur. Bayangin aja hari pertama yang lain pada ulangan gue malah fotofoto dikelas ! gue bercandaan sama yang lain, gue ngobrol, gue ketawa, dan pengawas ? woles aja .. gue akrab sama pengawasnya. Dan enaknya lagi gue duduk dibelakang.
Nah faktor tempat duduk juga menentukan nilai seorang siswa. Faktanya !! makin jauh dari pengawas nilai seorang siswa makin bagus. Beneran lo, gue baca di akun twitter hehe. Lo jauh dari pengawas lo makin leluasa menjawab soal. Bukan karna enak buka kerpe, tapi karna elo egak konsen. Bayangin elo pinter, elo bisa jawab soal, tapi pengawas galak berdiri disamping lo dan melototin LJK lo, jujur lo pasti gemeter kan ? ga konsen kan ? gugup kan ? dalam hati pasti bilang “asem ini pengawas ngapain disamping gue sih” .. bener kan ? ngaku deh .. gue gitu sih hehe
Temen gue yang lucu pernah bilang. “ulangan itu bukan pengawas yang mengawasi kita, tapi kita yang mengawasi pengawas.” Iya kita yang mengawasi. Sebelum nyontek atau buka kerpean kita pasti melakukan senam kepala : 1. lihat kedepan (kearah pengawas) 2. lihat kanan 3. Lihat depan lagi 4. Lihat kiri 5. Lihat depan (lagi !) 6. Lihat belakang 7. Dan lihat depan lagi. Iyakan kan ? benerkan ? senam wajib bagi siswa. Dan sipengawas lah yang kita awasi, apakah sipengawas mengawasi kita ? think again.


Pada saat menunggu pengawas datang juga fun menurut gue, bagi yang tau jadwal si keep woles. Nah bagi yang egak tau jadwal pengawas pasti dalam hati berdoa agar dapat pengawas yang friendly. Begitu dapet pengawas friendly pasti bergumam “asik !”. nah giliran dapat pengawas killer ? pada teriak “ASIK AYO PAK/BU KITA CEPETAN ULANGAN. SAYA TIDAK SABAR. SAYA SUDAH BELAJAR DAN SAYA CINTA KIMIA”. Dalam kelas tewas

Teman kiri kanan juga menentukan faktor nilai siswa. Temen disamping pinter ? jamin deh nilai kita ikutan bagus. Temen disamping bego kuadrat ? gapapa, itungitung dia egak gangguan lo baca soal. Gue kadang sebel sama orang yang udah bego, pinter sekilo dua ons juga kagak, eh malah ngobrol dikelas. Elo sadar gak sih ? elo itu baca soal juga egak, kalo baca juga egak ngerti. Dan silent pliase dong ! biar yang pinter bisa konsen dan elo bisa nyontek !! intinya kerja sama.
Ohiya. Nyontek lewat sms juga efektif. Banget malah. Pada saat ulangan gua yakin pasti banyak sms masuk nanya jawaban. Atau mungkin kirimkiriman foto jawaban lewat bluetooth. Hmm kemajuan teknologi disalah gunakan itu sangat membantu

Udah ah gue capek ngetik mau lanjut belajar *cie belajar. Oh iya wish me luck ya ! semoga gue bisa jawab soal, bisa lancar nyontek, dan pengawasnya yang full friendly ! doain moga nilai gue bagus. Oh iya, find me on instagram ya !
Instagram


2 komentar:

  1. sebagai (mantan) siswa, saya merasakan hal yang sama :D

    hey tapi sekarang saya udah jadi guru, so... postingan saeng bakal eon jadiin patokan buat ngawasin murid yg nyontek. muahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhh maafkan aku siswa nya buguyu adeeeee xD

      Hapus