Kamis, 23 Januari 2014

Bertahan Atau Menyudahi ?


          “Lo sering nangisin dia, lo sering curhat hal negatif tentang dia, lo cuman disakitin. Lah kenapa lo pacarin ? mending putus.”

          “Lah gue sayang gimana dong.”

          “Sayang enggak ngejamin kebahagiaan. Kalau lo jalan bareng dia yang ada Cuma sakit, mending lepas.”

          Sering gue kedapetan sama dialog kayak gitu diantara temen-temen gue. Lantas, kalau memang sakit kenapa harus bertahan ? kenapa harus mengalah ?

“ UDAH SAYANG. “

Rata-rata Cuma itu alasan yang gue denger.

Apa karena UDAH SAYANG lalu pantas buat menahan sakit ? hey sayang enggak bikin perut kenyang tau. Emang kalau lo ngeluh

“yang gue laper”

“lo laper sayang ?”

“iya sayang”

“gue sayang elu banget loh yang”

“makasih sayang, lapernya udah minggat. Love you”

GITU ? ENGGAK !!

          Tapi kenapa banyak yang bertahan ? menangis dalam diam. Kesal dibalik senyum. Bahkan kebanyakan wanita sudah disakitin segimana banyaknya bakal tetep bertahan.

“Alaaaah, cowok banyak ! noh dipasar juga banyak bebas pilih. Ngapain lu mertahanin cowok yang udah enggak mau tau sama elo lagi. Buang-buang waktu !” kembali itu kalimat yang keluar dari mulut temen gue.

“Bukan masalah banyak enggaknya cowok. Gue juga bisa kali nyari yang lebih dari dia, bisa banget malah ! tapi ya gue udah sayangnya ke dia gimana dong ?” dan kembali itu jawaban terapuh yang terdengar.

“Kenapa enggak cari selingan ?”

“Gue jahat dong”

“Dia juga jahat udah nyakitin elo. Dan apa alasannya lo gabisa ngelakuin hal yang sama ke dia ?”

          Kadang gue juga gitu. Gue sering nangis ( karena gue termasuk cewek ABG cengeng ) dan curhat ke temen gue.

“Dia jahat banget, kok tega ! ah bajingan”

“Lo juga jangan jahat ke diri lo sendiri. Kasian dong air mata lo kebuang cuma karena bajingan.”

Dan gue Cuma bisa diem. Iya ya, ngapain gue nangisin bajingan ? ngapain gue sakit hati karena pembreksek ?

“Dia bajingan, tapi dia yang bisa buat gue nyaman” kalimat yang cukup simple. Karena memang enggak bisa diungkapin lewat mulut.

          Sayang, kalau untuk disakiti buat apa bertahan ? sayang, menumpahkan banyak air mata hanya untuk seperdetik bibir merekah ? kenapa perempuan setegar itu ?

          Jadi gue sampai ke kesimpulan :

Ketika pertama kali perempuan memberikan maafnya, untuk seterusnya mereka akan menutup mata atas kesalahan lelakinya. Mereka memaafkan berkali-kali karena merasa akan sia-sia.

“kalo putus sekarang, bakal sia-sia selama ini gue bertahan. Enggak apa-apa lah bertahan sedikit lagi. Mungkin dia berubah”

Sialnya lelaki pintar meraih maafnya perempuan.

Perempuan bukannya tak ingin mencari pengganti, mereka hanya mencoba menghormati komitmen yang mereka buat, menghargai pasangan, tak ingin salah karena salah membawa penyesalan.

Perempuan bertahan, bukan karena mereka ingin terlihat kuat, bukan juga tak mampu melangkah sendiri. Mereka hanya mencari tahu sampai mana titik jenuh mereka, dimana waktu untuk lanjut, atau menyudahi. Mereka belajar bersikap dari pasangan yang sekarang untuk menata kehidupan dimasa depan.

Ketika perempuan menyudahi, itu saatnya lelaki harus tau diri. Perempuannya sudah kuat untuk melangkah sendiri.


Bukan menggurui, bukan pula kalimat bijak.
Hanya coretan pelega hati
Karena pendengar juga perlu tempat untuk berkeluh kesah.

2 komentar:

  1. cieeeeeeeee. banyak sakitnya dr bahagianya di cinta.. haha

    BalasHapus
  2. cieeeeee yang kalimatnya nusuk setusuk-tusuknya haha

    BalasHapus